Selasa, 29 Desember 2009

Sketsa menjadi luapan gagasan awal perencanaan



Sebagai praktisi arsitektur kita akan di tuntut untuk dapat menghasilkan ide-ide kreatif atau gagasan-gagasan untuk dapat menghasilkan sebuah karya. Karya yang dapat mewadahi semua aspek penting dalam arsitektur.

Dunia arsitektur yang kita injak saat ini merupakan dunia kreatif. Dunia dimana segala wujud berawal dari dunia imajinasi semata, namun kita sebagai arsitek harus dapat menuangkan atau memuntahkan semua imajjinasi dan ide-ide dasar itu menjadi nyata, maka disini kita berperan besar dalam mewujudkan semua imajinasi semata untuk menjadi nyata.

Perwujudan imajinasi menjadi nyata dibutuhkan proses, yaitu proses pengembangan desain yang berawal dari imajinasi tadi kedalam sebuah gambar. Saat proses ini sketsa merupakan proses yang menjembatani imajinasi kita kedalam sebuah gambaran dua dimensi. Sketsa mewadahi semua luapan gagasan awal sebuah perencanaan. meskipun pada saat ini jaman sudah semakin canggih namun sketsa menjadi senjata utama kita untuk dapat menggambarkan segala ide atau gagasan awal kita untuk dapat dimengerti orang. Hal yang menjadi proses ini menjadi penting bagi kita para praktisi arsitektur.

Mari kita asah ilmu kita dalam membuat sketsa dan kita luapkan segala muntahan dan ide gagasan kita kedalamnya.

Angga Adhi Susilo

Tidak ada komentar: