Senin, 28 Desember 2009

Elemen penting pada fasade


Mendasain arsitektur merupakan kombinasi antara ilmu keteknikan dan seni, saat ini saya berkesempatan untuk mendesain bangunan yang berfungsi sebagai showroom mobil.

Bangunan berfungsi sebagai showroom dan bengkel mobil ini lebih mengutamakan fungsi dan sistem utilitas yanga ada di dalamnya, untuk itu maka nilai seni yang terkandung di dalamnya sedikit berkurang namun saya tidak ingin hal itu terjadi. Upaya yang saya lakukan untuk mempertahanakan nilai seni ini saya curahkan pada fasade bangunan dengan material pabrikasi seperti elemen metal untuk alucobond dan penggunaan kusen almunium yang membuat bangunan ini berkesan ringan.

Material bangunan yang kekinian ini saya selaraskan dengan skala dan besaran bangunan, maka hal yang saya dapati dan menjadikan pelajaran untuk saya yaitu menentukan komposisi dari setiap gubahan atau bentuk masa, grid - grid terukur dan pengulangan-pengulangan itu kerap saya aplikasikan, maka terciptalah bangunan seperti di atas.

Angga Adhi Susilo

Tidak ada komentar: