Jumat, 21 Mei 2010

RUMAH TOKO




Berikut ini adalah salah satu karya saya dalam merencanakan bangunan yang berfungsi sebagai rumah toko, bangunan ini di desain 3 lantai dan dua lantai.
Bangunan yang memiliki dua fungsi yaitu rumah sebagai tempat tinggal dan toko, meskipun saat ini banyak sekali hanya di gunakan sebagai tempat usaha saja.

Hal menarik yang saya temukan dalam mendesain ruko adalah, bagaimana caranya membuat bangunan ini terlihat tidak monoton dan memberikan kesan yang baik terutama dapat menarik konsumen,karena sering kita jumpai banyak sekali ruko yang terlihat serupa, berjejer panjang dengan aksen yang sama. membuat kesan yang sangat membosankan dan monoton.

Kali ini upaya yang saya coba lakukan adalah, membuat pasangan dari setiap bangunan dengan aksen yang kuat dan menjadi satu kesatuan yang besar.
bisa kita lihat di atas banguna ruko ini terdiri dari 12 unit, namun secara kasat mata tidak terlihat karena upaya permainan fasade yang saya lakukan. Tidak ada perlakuan khusus dalam desain terhadap setiap unit disini, semua mendapatkan fasilias yang sama.

Upaya pengulangan bentuk dan desain ini menjadi satu kesatuan yang utuh, yang membuat 12 unit ruko menjadi satu kesatuan banguanan yang utuh.

Tidak ada komentar: