Jumat, 06 November 2009

Desain Rumah tinggal





Rumah tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer yaitu kebutuhan papan, sebagai tempat untuk menaungi setiap fasilitas. Oleh karena itu rumah tinggal sebaiknya di rencanakan sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman untuk si penghuni dan memberikan sebuah nilai prestige untuk si penghuni.

Saya sebagai praktisi arsitektur bertugas untuk mewadahi segala kehendak pemilik rumah, maka saya merencanakan bangunan rumah tinggal dengan menjaga segala aspek yang berkaitan dengan kenyamanan dan mengutamakan keindahan atau estetika bangunan yang menjadi benang merah dan pedoman saya dalam merancang.

Berikut ini adalah salah satu rancangan bangunan rumah tinggal sederhana yang saya rencanakan dengan konsep popart sebagai pedoman saya.
Konsep pop art dengan penggunaan warna-warna menyala seperti warna jingga dan hijau yang menyala di kombinasikan dengan material natural pada bangunan dengan menggunakan material bambu.

Warna menyala pada bangunan ini saya aplikasikan pada dinding utama dan pada dak ruang penerima serta pangulangan warna pada pagar geser pada garasi.
Bambu pada fasade bangunan ini berfungsi sebagai pembatas yang memberikan kesan meruang karena intensitas bambu yang padat namun tetap memiliki celah untuk tetap menjaga supaya angin dapat tetap melintasi setiap celah-celahnya.

Fasade bangunan yang tampak masif dari luar ini memberikan privasi penuh kepada si pengguna bangunan, dan memberikan nilai estetika karena setiap penentuan rencana bidang dan material penutupnya di sesuaikan dengan konsep semula.
Sekian pemaparan konsep rencana bangunan ini secara umum.

Terima kasih
Salam,
Angga Adhi Susilo, ST
Perencana.

Tidak ada komentar: