Kamis, 12 November 2009

Mencintai iklim tropis indonesia






Indonesia adalah negara dengan iklim tropis dimana hanya memiliki 2 musim saja, yaitu : musim panas dan musim penghujan. kekurangan dan kelebihan dari 2 musim ini di antaranya adalah, keuntungan indonesia dengan kekayaan alamnya dengan hutan yang kaya akan tumbuhan dan satwanya. Berbanding terbalik mengenai kelebihan tadi kita dapati kekurangan dengan 2 musim tadi, yaitu terjadinya banjir karena debit air yang banyal serta kurangnya daya resap tanah dan kemarau panjang karena tanah yang pada musim hujan tidak mengalami penyerapan dengan maksimal.

Berbicara mengenai kendala di atas tadi kita sebagai perencana hendaknya menjaga keadaan alam indonesia kita ini dengan menciptakan bangunan yang memang tidak merusak alam dan dapat mengatasi kendala-kendala yang di akibatkan oleh kedua musim tadi.

Berikut ini adalah bangunan dengan fungsi publik yang pada umumnya berbau modern dengan bentuk bangunan yang mekanis, penggunaan material bahan yang kekinian, namun kali ini saya desain dan saya rencanakan bangunan dengan fungsi bank ini dengan bentuk yang sederhana dengan material yang mudah di dapat di negara kita ini.

Bangunan perbankan satu lantai dengan menggunakan atap miring karena atap yang memang dapat menghindari sebagian besar masalah yang di dapat di negara kita yang tropis ini. Penggunaan atap miring dengan penutup atap genting ini tidak mengurangi keindahan dari arsitekturnya sendiri, namun memperkuat kesan bangunan dengan imbuhan atap ini.Atap yang di buat tinggi untuk fungsi pengkondisian udara di dalam bangunan.

Penggunaan bukaan jendela sepanjang dinding bertujuan untuk menjaga cahaya tetap dapat masuk ke dalam ruangan upaya mengurangi penggunaan listrik pada saat siang hari, serta di tambahnya bukaan pada jendela yang berfungsi menyilangkan udara.

Penggunaan material penutup tanah paving block diupayakan supaya setiap cm area terturup perkerasan ini tetap dapat menyerap air dengan baik. Penambahan sumur resapan dan saluran overflow jika memang debit air tidak dapat tertampung oleh sumur resapan.

mengenai bentuk saya coba kombinasikan dengan bentuk modern pada bagian depan dimana bagian depan menjadi modal utama atau penangkap sudut pandang mata, dengan bentuk kubus yang di kombinasikan dengan balok memanjang hasil penyesuaian bangunan terhadap site.

MARI KITA JAGA ALAM KITA INI DENGAN PENUH RASA TANGGUNG JAWAB.

Tidak ada komentar: